Sabtu, 12 Januari 2013

Penyebab Asam Urat

Enzim HGPRT (hypoxantin-guanyl phosporilbosyl transferase) yang memiliki hubungan yang cukup erat dengan purin sebagai bahan dari asam urat, Purin adalah salah satu penyusun rantai DNA dan RNA bersama-sama dengan pirimidin. Enzim HGPRT bertugas mengubah purin menjadi nukleotida ourin agar dapat digunakan kembali sebagai penyusun DNA dan RNA.
Purin yang terkandung dalam daging akan dirubah dan disusun kembali menjadi protein-protein tubuh. Inilah cara tubuh memperoleh gizi dari daging. Proses pengubahan purin ini melibatkan enzim HGPRT. Jika tubuh kekurangan atau mengalami defisiensi enzim ini, jumlah purin dalam tubuh akan menumpuk. Purin yang tidak terpakai pada akhirnya akan diubah menjadi asam urat dalam jumlah besar. Akhirnya kita masuk dalam kondisi hiperurisemia. Kekurangan enzim HGPRT ini sifatnya genetik. Artinya, terdapat mutasi pada gen yang mengode enzim HPGRT sehingga enzim ini dihasilkan dalam jumlah sedikit.

Senyawa purin pembentuk asam urat
Bahan dasar asam urat adalah purin. Apabila jumlah purin dalam tubuh terlalu banyak, kelebihannya akan diubah menjadi asam urat. Proses pengubahan purin menjadi asam urat ini melibatkan enzim yang disebut xantin oxidase. Enzim inilah yang bertugas membuang dalam bentuk asam urat. Bila telah terbentuk asam urat, tubuh secara otomatis akan mengeluarakannya melalui urine.
Hiperurisemia dalah peningkatan asam urat dalam tubuh. Pada kadar normal asam urat memiliki batasan dalam produksinya yakni pada pria asam urat dalam darah memiliki batasan normal 7,0 mg/dL, sedangkan pada wanita kadar asam urat dalam darah, batasan normalnya adalah 5,7 mg/dL.
Posted in Penyebab Asam Urat | Tagged , , , , , | Leave a comment

Penyebab Asam Urat dan Pencegahannya

Serangan asam urat terjadi ketika cairan tubuh sangat jenuh dengan asam urat, baik karena produksinya yang meningkat, berkurangnya pembuangan melalui ginjal, atau meningkatnya asupan makanan yang kaya purin.
Peningkatan asam urat dalam darah atau hiperurisemia ini dipicu oleh beberapa faktor seperti berikut :
- Secara alami, asam urat berada dalam darah sebagai hasil samping pemecahan sel, karena tubuh memecah dan membentuk sel baru secara kontinyu.
- Faktor luar, terutama asupan makanan dan minuman ke dalam tubuh Makanan berupa karbohidrat, protein dan selulosa masuk ke dalam tubu dan akan melalui proses kimiawi untuk menghasilkan energi. Jika sumber energi tersebut terlalu banyak mengandung purin, asam urat akan menumpuk.
- Hilangnya aktivitas enzim urokinase. Enzim ini berfungsi utuk mengoksidasi asam urat menjadi allotonin, yakni bentuk senyawa yang lebih mudah larut. Jika kadar asam urat sudah terlalu tinggi, enzim urokinase tidak akan mampu lagi bekerja.
- Akibat sekunder dari berbagai penyakit. Misalnya, gangguan pada penyimpanan glikogen dan peningkatan metabolit laktat atau trigliserida yang terjadi karena tidak aktifnya enzim penurun atau urokinase. Kelebihan senyawa metabolit tersebut akan berkompetisi dengan asam urat untuk diekskresikan oleh ginjal melalui urine.
Untuk mengatasi penyebab dan berbagai faktor pembawa asam urat. Tentunya harus dilalui dengan mengubah cara asupan makan dan pola hidup yang sehat, yang terpenting adalah menghindari makanan yang mengandung banyak purin agar kadar asam urat tetap dalam kondisi normal.
Hindari makanan yang mengandung asam secara berlebihan, makanan dengan lemak tinggi, jeroan, santan, makanan yang mengandung gula tinggi dsb.
Posted in Penyebab Asam Urat | Tagged , , , , | Leave a comment

Penyebab Asam Urat Naik

Kadar asam urat tinggi dapat menyebabkan gangguan pada ginjal dna hal ini akan berakibat fatal. Gangguan in disebut sebagai nefropati gout, yakni terjadi penumpukan kristal urat di jaringan ginjal. Komplikasi lain yang sering menyertai penyakit asam urat adalah gangguan jantung, kolesterol tinggi, hipertensi, stroke, osteoporosis, diabetes melitus, gangguan tenggorok, dan gangguan penglihatan.
Penyebab asam urat
Berdasarkan penyebabnya, gout dibagi menjdi dua bentuk yakni primer dan sekunder.
1. Gout Primer
Hampir 90% radang sendi yang menyerang merupkan gout primer. Gout prmer merupakan kasus gout yang penyebabnya tidak diketahui. Biasanya terjadi akibt kelainna proses metabolisme dalam tubuh. Kelainan metabolisme yang bisa menyebabkan gout adalah kelainan metabolisme monosodium glutamat. Sebagaian besar penderita gout primer adalah laki-laki berusia di atas 30 tahun dan jarnag ditemukan pada wanita, kecuali setelah memasuki masa menopause.
2. Gout Sekunder
Gout sekunder adalah kasus radang sendi yang penyebabnya dapat diketahui. Penyebab utama gout sekunder adlah penumpukan zat-zat seperti kalsium oksalat, kalsiom pirofosfat anhidrous dan kalsium hidrogen fosfit.
Posted in Penyebab Asam Urat | Tagged , , , , | Leave a comment

Penyebab Asam Urat Meningkat

Kadar asam urat dalam darah meningkat bisa disebabkan oleh dua hal, yaitu produksi asam urat dalam tubuh yang berlebihan (misalnya akibat faktor bawaan atau genetik, makanan terlalu banyak mengandung purin, penyakit tertentu, seperti kanker dara, dll) atau pengeluaran asam urat lewat kencing terhambat (misalnya akibat oenyakit ginjal, kencing batu, cll).
Asam urat adalah hasil metabolisme purin. Purin adalah inti protein. Protein adalah zat makanan yang banyak terdapat pada jeroan, daging, kacang-kacangan dan lain-lain. Makanan kaleng juga dapat mempertinggi kadar sasam urat dalam darah. Sayur seperti kangkung dan kubis juga banyak mengandung purin yang akan di olah oleh tubuh menjadi asam urat. Buah durian dan avokad juga mengandung cukup banyak purin. Minuman alkohol dan kopi juga memicu tingginya kadar asam urat darah. Jadi, anda semestinya berhati-hati mengonsumsi makanan-makanan tersebut dan janganlah berlebihan meskipun makanan-makanan tersebut memang enak.
Asam urat di dalam darah bisa dikeluarkan melalui air kencing (urine). Jika ginjal seseorang dalam keadaan normal maka kadar asam urat di dalam kencing sesuai dengan kadar asam urat di dalam darah, artinya kadar asam urat di dalam darah tinggi makan kadar asam urat di dalam air kencing juga tinggi, demikian juga sebaliknya.
Pada kondisi saat ginjal seseorang tidak berfungsi dengan baik, maka asam urat di dalam darah tidak bisa dikeluarkan dengan baik melalui ginjal yang akan menyebabkan kadar asam urat darah menjadi tinggi dan memicu terjadinya penyakit akibat asam urat. Jika ada teman anda yang mengalami penyakit ginjal kronis apalagi sudah secara rutin melakukan cuci darah, cobalah ditanyakan apakah kadar asam uratnya juga tinggi. Maka kebanyakan dari mereka akan menjawab asam urat darahnya memang tinggi.
Jika kadar asam urat darah tinggi maka asam urat ini akan keluar dari pembuluh darah dan masuk ke organ-organ seperti persendian, ginjal, jantung, dan organ-organ lainnya dan bisa menimbulkan penyakit. Yang paling sering terjadi adalah tumpukan asam urat disekitar sendi yang membentuk garam urat (disebut monosodium urate). Penyakit akibat asam urat yang menyerang sendi dan jaringan di sekitar sendi disebut penyakit pirai yang istilah asingnya disebut penyakit gout. Yang sering terjadi adalah tumpukan asam urat pada ginjal yang akan membentuk batu urat. Asam urat yang tungi di dalam darah bisa juga secara langsung merusak ginjal tanpa membtuk batu urat. Jika anda rajin mengamati teman anda yang mempunyai kadar asam urat tinggi di dalam darahnya maka dalam perjalanannya suatu saat akan mulai mengeluh pegal atau nyeri pada sendi-sendinya, hal inibisa menjadi petanda awal terjadinya penyakit tirai tersebut.
Posted in Penyebab Asam Urat | Tagged , , , , , , , | Leave a comment

Penyebab Asam Urat Tinggi

Secara umum, penyebab dari asam urat adalah pemecahan sel-sel tubuh secara terus-menerus yang didukung oleh produksi dan konsumsi makanan yang banyak mengandung purin sehingga tubuh tak mampu lagi untuk mengendalikan purin yang menyebabkan asam urat itu timbul.
Nilai senyawa purin dalam asam urat

Gambar panah menunjukkan kristal asam urat yang menyerang tulang sendi pada kaki
Penyebab lainnya juga tidak hanya karena konsumsi makanan yang banyak mengandung purin, namun dapat pula disebabkan oleh metabolisme tubuh yang tidak sempurna dan bekerja dengan optimal. Penyebab lainnya juga datang dari kegagalan ginjal yang memaksa sel tubuh untuk mengeluarkan asam urat melalui urine. Pada umumnya penyakit asam urat hinggap pada mereka yang berusia lanjut baik pria maupun wanita, namun dari banyaknya kasus penyakit asam urat ini, penyakit asam urat tidak hanya diderita oleh mereka yang berusia lanjut. Menurut survei asam urat tidak mengenal batasan usia, asam urat pun dapat menyerang mereka yang masih dalam usia muda, remaja bahkan anak-anak.
Secara klinis penyebab penyakit asam urat ini tidak diketahui secara pasti, namun penyakit asam urat ini disinyalir berhubungan dengan adanya faktor hormonal dan faktor genetika (keturunan) yang memungkinkan seseorang mengindap penyakit asam urat. Kedua faktor tersebut lah yang diduga menjadi faktor utama penyebab penderita asam urat semakin bertambah setiap tahunnya. Pengeluaran asam urat yang berlebihan dapat menyebabkan kadar sangat rendah dan memicu tubuh mengeluarkan kembali kadarnya secara berlebihan dan menyebabkan asam urat semakin tinggi.
Makanan yang banyak mengandung purin tetap menjadi faktor yang paling utama dari banyaknya penyebab asam urat. Makanan yang mengandung purin dapat ditemui pada makanan yang banyak mengandung protein berlebih seperti ikan, daging, susu, daging ayam, jeroan dsb. Purin adalah senyawa utama dari pembentukan asam urat, atau dengan kata lain purin adalah salah satu senyawa basa organik yang menyusun asam inti sel yang apabila bereaksi dapat meningkatkan asam urat dengan cepat. Oleh karenanya penyakit asam urat yang kerap kali dikaitkan dengan jenis makanan yang dapat memicu datangnya asam urat yang semakin memperburuk keadaan, asam urat yang kebanyakan disebabkan karena faktor makanan juga dapat menjadi faktor utama penyebab seseorang mengalami serangan jantung. Oleh karenanya selalu disarankan untuk memperhatikan berbagai sumber makanan yang kita konsumsi sehari-hari dan memenuhi kebutuhan nilai gizi dan komponen gizi lainnya dalam kadar yang seimbang.
Selain karena penyebab asam urat di atas, Penyakit darah juga dapat dikatakan memiliki hubungan yang erat sebagai penyebab asam urat, selain itu penyebab lainnya seperti pengaruh negatif dari obat-obatan medis dari suatu penyakit yang dikonsumsi terus-menerus, pengemar minuman alkohol, kanker, kurangnya komponen dari suatu vitamin yang mendukung kesehatan tubuh. Seseorang yang rentan terserang penyakit asm urat adalh meraka yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas dan penyakit gula. Produksi hormon insulin dan didukung pola makan yang tidak teratur dengan baik akan semakin membuka peluang yang cukup besar terserang penyakit ini.
Namun penyakit asam urat ini belum bisa dikatakan sebagai penyakit yang mematikan, penyakit asam urat adalah sebagian kecil dari komponen penyakit lannya yang terdahulu di derita seseorang yang mengakibatkan kematian, penyakit asam urat ini adalah penyakit komplikasi gabungan antara penyakit lain.
Posted in Uncategorized | Tagged , , , , , | Leave a comment

Makanan Penyebab Asam Urat

Asam urat secara alami terdapat di dalam tubuh kita. Asam urat merupakan produk bisa dari sel-sel tubuh yang mati. Sel-sel tubuh yang mati ini lalu melepas purin, salah satu jenis zat yang terdapat dalam setiap sel makhluk hidup. Purin juga terdapat dalam makanan yang kita makan. Purin inilah yang di metabolisme tubuh menjadi asam urat.
Normalnya asam urat akan larut kembali dalam darah, disaring oleh ginjal, lalu dibuang keluar melalui air seni. Namun, jika asam urat terlalu banyak atau terdapat gangguan ginjal, terjadilah penumpukan asam urat dalam tubuh. Kemudian disebut sebagai Hiperurisemia.
Purin adalah salah satu penyusun asam nukleat yang terdapat pada semua sel makhluk hidup. Purin ibarat batu bata yang menyusun “tembok” asam nukleat. Asam nukleat ini berupa DNA (deoxyribose nucleic acid, asam deoksiribosa nukleat) atau RNA (ribose nucleic acid, asam ribosa nukleat).

Senyawa pembentuk purin
Purin paling banyak terdapat pada protein. Karena purin terdapat dalam semua sel makhluk hidup, hampir semua bahan makanan bisa menyebabkan asam urat. Berikut beberapa jenis makanan yang mengandung banyak purin penyebab asam urat :

Beberapa jenis sumber makanan yang dapat menyebabkan meningkatnya purin penyebab asam urat yang harus dihindari
- Jeroan: ginjal, limpa, babat, usus, hati, paru dan otak
- Seafood: udang, cumi-cumi, sotong, kerang, remis, tiram, kepiting, ikan teri, ikan sarden
- Ekstrak daging seperti abon dan dendeng
- Makanan yang sudah dikalengkan (contoh: kornet sapi, sarden)
- Daging kambing, daging sapi, daging kuda
- Bebek, angsa dan kalkun
- Kacang-kacangan: kacang kedelai (termasuk hasil olahan seperti tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping
- Sayuran: kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, kangkung
- Keju, telur, krim, es krim, kaldu atau kuah daging yang kental
- Buah-buahan tertentu seperti durian, nanas dan air kelapa
- Makanan yang digoreng atau bersantan atau dimasak dengan menggunakan margarin/mentega
- Makanan kaya protein dan lemak

1 komentar:

  1. makasih gan buat penjelasanya
    sangat membantu sekali,,

    BalasHapus